Labels

Kamis, 16 Februari 2012

5 Makanan khas Murah dan Populer

hmm.... kalau kita bicara soal kuliner, pasti terbayang seperti burger, steak, hotdog, kebab, sushi, atau yang lainnya. Rata rata, memang harganya berbobot! maklum, makanan impor. hehe :D
tapi, ada cukup banyak kuliner yang harganya murah, dan populer lho! populer di negeri kita! INDONESIA! hehe..
beberapa makanan ini juga ada yang terkenal sampai luar negeri! kita lihat yuk, apa saja sih makanannya?

1. Nasi Goreng

"NASI GORENG... NASI GORENG..." "NASI GORENG SEAFOOD... NASI GORENG SPESIAL..", pernah tidak kita mendengar teriakan penjual-penjual kaki lima berteriak seperti itu? tentu pernah bukan! Nah, nasi goreng itu sangat populer di sebagian besar wilayah indonesia! 

Seperti namanya, nasi goreng memang adalah sebuah makanan yang dibuat dari nasi yang digoreng. Tetapi, dalam nasi goreng biasanya orang menambahkan bumbu masak seperti garam, merica, lada hitam, bawang putih, bawang merah, dan lain lain. Terkadang, nasi goreng juga
dilengkapi dengan telur goreng, ikan, ayam, sayur, ikan asin, jengkol, dan masih banyak lagi. Tergantung selera kita tentunya!

Berikut ini, saya akan berikan resep nasi goreng yang saya dapat dari :
http://www.resepmasakansederhana.com

Inilah resepnya!!!!! Selamat mencoba!!!
Bahan-Bahan :
- 200 gram nasi putih (jangan yang terlalu pulen)
- 1 butir telur ayam, kocok lepas.
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu Pertama : 
    * 30 gram Bawang Bombay yang sudah dicincang kasar
    * 1 siung bawang putih, dicincang halus
    * 1 butir bawang merah, iris tipis
    * 2 buah cabe merah besar, cuci bersih kemudian iris tipis
    * 1 sdm irisan daun bawang
Bumbu Kedua :
    * 1 sendok makan kecap asin
    * 2 sendok makan kecap manis
    * 1 bungkus kaldu sapi
    * Garam dan penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat :
  1. Panaskan minyak kemudian tumis bawang bombay dan bawang merah hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  2. Masukkan kocokan telur, orak-arik hingga setengah matang kemudian masukkan sisa bumbu pertama kemudian aduk rata.
  3. Masukkan nasi, lalu aduk sampai rata.
  4. Tambahkan bumbu kedua kemudian aduk kembali sampai rata.
  5. Masak hingga matang kemudian sajikan selagi hangat.
Nah, mudah bukan? sebaiknya, ditambahkan bawang goreng dan irisan mentimun di atasnya. Selamat mencoba!!!!

2. Bakso
Siapa yang nggak pernah makan bakso?
Bakso yang berupa daging giling dibentuk lingkaran ini sangat nikmat rasanya! gurih, dan lembut!
Di Indonesia, bakso yang paling populer adalah bakso yang berasal dari daerah Solo dan Malang.




Di beberapa daerah, bakso juga disajikan dengan mie so'un, mie kuning, gorengan, tahu, siomay, dan lain lain. 
 




Seiring berkembangnya zaman, ada juga yang namanya, "Bakso Bakar". Hmm.... pembuatannya sama sih seperti bakso biasa. Tapi, bakso bakar itu lebih gurih, dan nikmat! coba saja beli !!!!
Selain itu, orang-orang semakin berinovasi dan membuat berbagai macam basko unik lain seperti : bakso keju, bakso udang, bakso ayam, bakso kikil, dll.

3. Soto
Soto ayam, soto daging, soto dok, soto bandung, soto betawi, soto lamongan, dan masiih banyak lagi jenis jenis soto di Indonesia.

Makanan berkuah kuning ini sering ditemukan di warung kaki lima, asongan keliling, bahkan sampai di restoran bintang lima sekalipun!!!

Soto biasa disajikan dengan telur, mie so'un, bawang goreng, koya, kecambah, irisan kubis, dan lain lain. Ya,, sesuai daerah masing masing!
Pelengkap soto antara lain : jeruk nipis, bawang goreng, koya, krupuk udang, sambal, dan kecap. Soto semakin enak jika dimakan hangat-hangat.




4. Bubur

Makanan yang terbuat dari tepung beras ini cukup populer di lingkungan masyarakat. Rasanya yang lembut membuat makanan ini halus di lidah.

Berbagai macam bubur tersedia di Indonesia. Antara lain : bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur sum-sum, bubur mutiara, bubur ketan hitam, bubur gerendul, dan masih banyak lagi.



Bubur paling sering dihidangkan saat sarapan. Sekarang, sudah mulai bermunculan bubur-bubur instan dengan aneka rasa. Bubur memang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
   




5. Sate
 Nyum nyum nyum, sate sudah siap!!!!!!
Rasa sate yang gurih ternyata mampu menghipnotis sebagian besar rakyat Indonesia, bahkan negara lain di asia tenggara! Negara-negara lain yang mengonsumsi sate seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan lain lain. Tentunya, setiap negara mempunyai ciri khas masing-masing. hehe...

Di Indonesia, sate sudah dikenal baik. Mulai dari sate ayam, sate daging, sate kambing, sate kelinci, bahkan sate kuda sekalipun!
Sate merupakan daging yang di iris kecil-kecil dan ditusuk ke stik dari batang pohon. Setelah itu, barulah dibakar! Sate biasa disajikan dengan menggunakam bumbu kacang, bawang merah, jeruk nipis, dan sambal.
Memang, jika mengonsumsi banyak sate akan berdampak buruk. Karena, daging yang ada pada sate belum tentu matang 100%. Maka dari itu, jangan terlalu sering ya!!!! :)

Nah, setelah pembaca Indonesia membaca artikel ini, apakah pembaca masih ingin makanan-makanan luar negeri yang mahal tapi belum tentu enak? toh di negeri sendiri sudah banyak sekali makanan enak, murah, dan khas yang bisa membuat lidah kita melayang-layang selain kelima makanan yang saya sebutkan tadi.

salam,
www.farrelsstory.blogspot.com  

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!