Labels

Minggu, 11 Maret 2012

Tempe? Enak & Sehat

Nyum... tempe goreng hangat siap disantap!!!









Bicara soal tempe, sebenarnya apa sih tempe itu?
Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe".
Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.
Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. Berbeda dengan tahu, tempe terasa agak masam.
Tempe banyak dikonsumsi di Indonesia, tetapi sekarang telah mendunia. Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat. Indonesia juga sekarang berusaha mengembangkan galur (strain) unggul Rhizopus untuk menghasilkan tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi tempe. Beberapa pihak mengkhawatirkan kegiatan ini dapat mengancam keberadaan tempe sebagai bahan pangan milik umum karena galur-galur ragi tempe unggul dapat didaftarkan hak patennya sehingga penggunaannya dilindungi undang-undang (memerlukan lisensi dari pemegang hak paten).

Soal penyajian, tempe bisa diolah menjadi banyak jenis makanan! yang paling umum sih, tempe goreng. Mau tau cara pembuatan tempe goreng sederhana? berikut saya sajikan!
Bahan-Bahan :
- Tempe Mentah yang sudah jadi
- Bawang Putih
- Bawang Merah
- Garam
- Air Jernih
- Ketumbar / Merica
- Minyak Goreng

Cara Membuat :
- Potong tempe menjadi bentuk persegi panjang (jangan terlalu tebal/tipis)
- Haluskan sedikit bawang putih, bawang merah, garam, dan ketumbar/merica menjadi satu
- Jika sudah halus, beri sedikit air
- Letakkan halusan bumbu-bumbu dan air kedalam mangkuk
- Panaskan minyak dalam wajan
- Lumuri tempe dengan bumbu-bumbu yang sudah dibuat
- Jika minyak sudah panas, masukkan tempe
- Goreng hingga warnanya berubah jadi keemasan
- Tempe siap disajikan

Nah, mudah bukan?

Selanjutnya, mari kita bahas jenis-jenis tempe yang ada di Indonesia.
Di Indonesia, ada 6 jenis tempe. Tempe-tempe tersebut dipisah berdasarkan bahan untuk membuatnya. Keenam tempe tersebut adalah :
1. Tempe Kedelai

- adalah tempe yang paling sering di temukan di Indonesia. bahkan, sudah diproduksi di Amerika, Jepang, dan Belanda.
- Setiap 100 gram, mengandung Protein 20,8 gram, lemak 8,8 gram, serat 1,4 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 326 miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0,19 miligram, karoten 34 mikrogram.


2. Tempe Gembus 
- Dibuat dari ampas tahu, yakni sisa proses sari kedelai yang akan dijadikan tahu.
- Mempunyai keunikan, yaitu memiliki cita rasa yang gurih, aromanya menyengat, empuk.
- Kandungan gizi (100 gram): Protein 12,95 gram, lemak 6,8 gram, karbohidrat 11,05 gram, serat 4,2 gram.



3. Tempe Benguk

- Dibuat dari biji benguk yang berasal dari buah sejenis kacang koro, masih satu rumpun dengan kacang kapri dan kacang buncis. Biji benguk seukuran kelereng tapi lonjong dan agak pipih, berwarna abu-abu hingga kehitaman.
- Keunikan: Biji benguk mengandung racun asam sianida, namun kandungan racun ini mudah dihilangkan dengan cara direndam air bersih selama 1-2 hari sehingga biji benguk akan bersih dari racun.
- Kandungan gizi (100 gram): Kalori 141 Kkal, protein 10,2 gram, lemak 1,3 gram, karbohidrat 23,2 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 15 miligram, zat besi 2,6 miligram.


4. Tempe Lamtoro
- Dibuat dari biji benguk yang berasal dari buah sejenis kacang koro, masih satu rumpun dengan kacang kapri dan kacang buncis. Biji benguk seukuran kelereng tapi lonjong dan agak pipih, berwarna abu-abu hingga kehitaman.
- Keunikan: Biji benguk mengandung racun asam sianida, namun kandungan racun ini mudah dihilangkan dengan cara direndam air bersih selama 1-2 hari sehingga biji benguk akan bersih dari racun.
- Kandungan gizi (100 gram): Kalori 141 Kkal, protein 10,2 gram, lemak 1,3 gram, karbohidrat 23,2 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 15 miligram, zat besi 2,6 miligram.


5. Tempe Kecipir 
- Dibuat dari Kecipir, di Sumatera dikenal dengan kacang botol atau kacang belimbing, di Jawa Barat kacang belimbing, di Jawa Barat disebut jaat, di Bali dikenal dengan kelongkang. Kecipir adalah tanaman polong yang tumbuh merambat yang berasal dari Indonesia bagian timur.
- Keunikan: Pengolahan biji kecipir menjadi tempe tidak berebda dengan pengolahan biji kedelai. Hanya saja Karena karateristik biji kecipir yang lebih keras, membutuhkan waktu lebih lama untuk merebusnya-kurang lebih 30 menit atau sampai empuk.
- Kandungan gizi (100 gram): Kalori 405 Kkal, protein 32,80 gra, lemak 17 gram, karbohidrat 36,50 gram.


6. Tempe Kacang Hijau dan Kacang Merah  
- Tempe Kacang Hijau Dan Kacang Merah
Walau baru sebatas ide-belum diproduksi dan dijual namun secara prinsip hamper semua kacang-kacangan dapat difermentasikan untuk dijadikan tempe. Jadi, jenis kacang-kacangan yang bernutrisi tinggi seperti kacang merah dan kacang hijau mustinya bisa dijadikan tempe.
- Keunikan: penurun kolesterol paling wahid.
Kandungan gizi (100 gram):
- Kacang hijau: Kalsium 124 miligram, fosfor 32 miligram, lemak 1,3%, protein 24%, serat 7,6 gram.
- Kacang merah: Protein 24 gram, vitamin B5 0,8 miligram, folat 394 mikrogram, kalsium 143 miligram, zat besi 8 miligram, seng 3 miligram, zat, magnesium 3 miligram.


sumber-sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Tempe
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Keluarga/mengenal.6.jenis.tempe.dan.kandungan.gizinya/001/001/762/6/3
gambar-gambar di https://www.google.co.id/imghp?hl=id&tab=ii&biw=1280&bih=550



0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!