Labels

Rabu, 30 Mei 2012

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Assalamu'alaikum.!
Di Indonesia, Pramuka memang sangat terkenal. Rata-rata sekolah SD, SMP, dan SMA di Indonesia mengenakan seragam pramuka berwarna Coklat tua dan coklat muda setiap hari Jum'at / Sabtu.
oiya, sekarang mari kita bahas tentang Lambang Gerakan Pramuka yaitu Tunas Kelapa :)
Bentuk dan Arti Kiasan
bentuk lambang gerakan pramuka adalah silhoutte tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka adalah :
1. Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan "cikal", dan istilah bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi, lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2. Buah Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan apapun. Jadi, lambang itu mengiaskan bahwa tiap anggota pramuka dapat bertahan hidup dimanapun dan bagaimanapun juga.
3. Buah Nyiur dapat tumbuh dimana saja. yang membuktikan daya upaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan dimana dia berada dalam keadaan apapun.
4. Nyiur tumbuh menjulur ke atas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Jadi, lambang itu mengiaskan bahwa tiap pramuka memiliki cita-cita yang tinggi dan lurus yakni yang mulia dan jujur, dan dia tidak mudah terombang-ambingkan oleh sesuatu.
5. Akar Nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi, lambang itu mengiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yan berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6. Nyiur  adalah pohon yang serbaguna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi, lambang itu mengiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa, dan NKRI, serta pada seluruh umat manusia.


Penggunaan Lambang
Lambang gerakan pramuka dapat digunakan pada panji, bendera, papan, nama kuartir dan satuan, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka, dll. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan pramuka tersebut.

dikutip dari : Pramuka Argowulas 01055 - 01056 SMPN 1 Malang




0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!