Labels

Kamis, 31 Mei 2012

Tips Anti Galau

Assalamu'alaikum!
Assalamu'alaikum!
bagi pembaca yang merasa GALAU... Nih Obat Antilaunya...(anti galau)
Sejak “galau” menjadi ikon tersendiri bagi seorang artis Syahrini, nampaknya “galau” semakin meledak hebat. Ah, sebenarnya galau bukan hal baru, bukan begitu Sobat? Makhluk “galau” ini sebenarnya sudah nongol sejak jaman purbakala. Mungkin sejak zaman Pitechantrophus dan kawan-kawannya sudah ada.
Oke, sekarang kita cek dulu apa sih galau itu? Yups, galau adalah perasaan gelisah, gundah, gulana, merasa risau terhadap sesuatu. Perasaan ini melekat pada setiap yang bernyawa (dan waras tentunya). Dengan kata lain orang gila gak kena penyakit galau dong. Bisa jadi. Mungkin kalau binatang bisa bicara mereka juga bakal ngomong “guwa lagi galau nih...” jadi, buat kawan-kawan tidak perlu khawatir, kalian masih normal kok jika kalian ngerasa galau. Bahkan kalau tidak pernah galau perlu dicurigai nih. Masih hidup gak tuh orang. Peace.. ^_^
Lantas, gimana dong ngobatin galau? Kalau katanya Bang Jonru, gimana sih menghalau galau? Berikut ini jurus menghalau galau:
Pertama, yakin pada Allah. Kenapa? Karena semuanya Allah yang memberikan. Bukankah Allah memberikan cobaan kepada hamba-Nya sesuai dengan kemampuan hamba-Nya? Tak perlu lagi bertanya “kenapa harus aku?”, “kenapa begini?” sudahlah, itu semua pertanyaan basi. Masih percaya kan bahwa Allah tidak akan membiarkan hamba-Nya. Jadi kenapa mesti khawatir dan galau? Tenang, kita masih punya Allah.
Kedua, jangan merasa bahwa kamu orang yang paling menderita di dunia ini. Hello, sadar dong, bukan kita satu-satunya orang yang menderita. Kita mesti bersyukur terhadap apa yang kita miliki. Coba kita tengok, masih banyak saudara-saudara kita yang tak punya tempat tinggal, tak bisa makan, tapi mereka tetap kuat bertahan hidup. Ingat juga seberapapun galau menjangkiti kita, live must go on. Hidup gak akan berhenti. Jangan sampai karena galau kita tertinggal dari yang lain. Masih banyak hal yang harus kita lakukan selain merasa galau yang berkepanjangan.
Ketiga, perbanyak baca Al-Quran. Tak diragukan lagi bahwa Alquran menjadi obat hati bagi pembacanya. Al-Quran merupakan petunjuk yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.
Keempat, datangi majlis ta’lim (mendatangi, mendengarkan, mengkaji) karena dengan begitu kita bisa dekat dengan Allah. Bahkan, secara tidak sadar apa yang kita peroleh adalah sesuatu yang benar-benar kita butuhkan saat itu.
Kelima, berdoa pada Allah supaya dihilangkan rasa galau pada diri kita. Berikut ini doanya:
Allaahumma innii ‘abduka, ibnu ‘abdika, ibnu amatika, naasyiatii biyadika, maadin fii hukmuka, ‘adlun fiyya fadlaauka, asaluka bikullismin huwalaka, sammaita bihi nafsaka, auw anzaltahu fi kitaabika, auw ‘allamtahu ahadan min khalqika, auw ista?tsarta bihi fii ‘ilmilghoibi ‘indaka, antaj’alalquraana rabii’a qolbii, wa nuura shodri, wajalaa a husnii, wa dzahaaba hammii..
Ya Allah, sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu (laki-laki), anak dari hamba-Mu (peremmpuan). Ubun-ubunku berada di tangan-Mu, mengikuti keputusan takdir-Mu dan berjaan sesuai dengan ketetapan-Mu. Aku memohon keada-Mu dengan setiap nama yang menjadi milik-Mu, nama yang Engkau lekatkan sendiri untuk diri-Mu, atau yang Engkau sebutkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara  hamba-Mu (Nabi), atau yang Engkau sembunyikan di alam keghaiban-Mu. Hendaknya Engkau menjadikan Al-Quran ini sebagai penyejuk hatiku, cahaya dalam dadaku, penghilang kesedihanku dan penolak rasa gundahku.
Demikian jurus menghalau galau dari saya. Nah, masih merasa galau? Semoga kita tidak terjangkiti virus galau yang berkepanjangan. Mohon maaf bila ada kesalan, itu semata karena diri saya sebagai manusia dan mohon dikoreksi.
Selamat tinggal GALAU!
Semoga para galauers tak lagi galau...
Bukan bermaksud menggurui, tapi semoga menjadi penguat kita (termasuk saya).
sekarang saatnya Smile! Goodbye GALAU...

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!