Labels

Selasa, 10 Juli 2012

14 Hewan Terlangka / Hampir Punah di Dunia

Seperti yang kita tahu, spesies hewan di Dunia memang sangat banyak sekali. Tetapi, beberapa dari mereka telah terancam punah. dan, inilah 15 hewan dari mereka yang langka dan jarang ditemui.

1. The Pinta Island Tortoise
Adanya di kepulauan pinta. Hewan ini masuk dalam spesies Giant Galapagos Turtoise. Hewan ini memang paling langka di dunia. Karena tinggal 1 yang masih hidup, Karena tidak bisa berkembang biak lagi.





2. Baiji (Yangtze River Dolphin)
Hanya ada 10 ekor di Dunia. Adanya di Cina. Bentuk dari lumba-lumba ini sangat aneh.






3. The Vancouver Island Marmot
Ada di Vancouver Island, British Columbia. Hewan ini hanya tersisa 75 ekor. Tapi sudah berhasil dikembang biakan menjadi sekitar 150 ekor dan sekitar 44 yang baru lahir.






4. Seychelles Sheath-tailed Bat
Tinggal di Madagascar, Hanya ada kurang dari 100 ekor di dunia. Tapi para ahli masih berusaha buat mengembangkan lagi.









5. Javan Rhino
Dari 60 yang diketahui, tempat tinggalnya hanya ada 2. Di jawa ( Indonesia) dan di Vietnam. Badak ini masih sering diburu di Malaysia, Sumatra, atau India untuk diambil culanya.





 6. Hispid hare
Biasa disebut “Bristly Rabbit”. Bisa ditemukan di Himalaya, Nepal, Bengal, and Assam. Hanya bisa ditemukan sekitar 110 ekor di dunia.






7. Northern Hairy-nosed Wombat
Bisa ditemukan di New South Wales dan Victoria (Ausi ). tapi sekarang hanya bisa ditemukan di taman nasional dekat Epping Forest Station di Queensland. Hanya ditemukan sekitar 113 ekor.







8. Tamaraw (Dwarf Water Buffalo)
Ditemukan di Philippines. Kerbau ini cukup unik jika dilihat telinganya. Pertama kali dinyatakan terancam punah tahun 2000. kini tinggal tersisa sekitar 30 – 200 ekor. Masih sering diburu oleh pemburu liar.








9. Iberian Lynx
The Lynx. Ini kucing, bukan singa. Sesuai namanya,kucing ini ada di Iberian ( kalau tidak salah dekat Spanyol). Cuma sekarang biasa ditemukan hanya di Andalusia. Kebanyakan mati karena kena perangkap, yang sebenarnya digunakan buat menangkap hewan buruan seperti kelinci. Cuma ada 100, turun dari 400 saat tahun 2000.



10. Red Wolf
Serigala ini masih bersaudara dengan gray wolf, tapi ukurannya lebih kecil. Sekarang tempat tinggal mereka ada di timur laut North Carolina. Tinggal 20 ekor red wolves murni ditemukan tahun 1980, tapi sekarang sudah berkembang lebih dari 200 ekor.







11. Amur Leopard (Panthera pardus orientalis)
Hewan ini ditemukan di wilayah sepanjang Korea dan China Timur Laut serta Rusia Timur Jauh. Jumlahnya saat ini di alam kurang dari 35 ekor dan merupakan salah satu spesies dari keluarga kucing yang paling langka di Bumi. Diketahui juga bernama Macan Tutul Machuria, kucing ini menghadapi menghadapi ancaman yang paling pasti menghapusnya dari populasi liar dari bumi. Tidak seperti spesies langka lainnya, ada dukungan berskala besar untuk mempertahankan spesies ini. Faktanya, ada 300 ekor Macan Tutul Manchuria yang ditangkap dan dipelihara dalam kandang di dunia. Ini mengingatkan kita untuk melihat usaha untuk mempertahankan tempat mereka di alam liar yang sesukses perburuan liar dan pengrusakan habitat macan tutul yang terus berlanjut. Sejak 2002, bulu dan bagian tubuh dari 11 Macan Tutul Manchuria ditemukan di pasar internasional.

12. Paus Sikat Pasifik Utara (Eubalaena japonica)
Paus Sikat Pasifik Utara merupakan salah satu dari hewan paling langka di laut. Hewan ini memiliki jangkauan antara Pantai Timur Rusia hingga Pantai Barat Alaska dan Kanada. Saat ini jumlahnya tak lebih dari 50 ekor di alam liar. Meskipun telah dilindungi sejak 1935, tetapi perburuan ilegal pada 1950an hingga 1960an telah mengurangi jumlah mereka secara pesat. Tragisnya, antara 1963 dan 2001, pemburu paus Soviet secara ilegal membunuh 498 hewan indah ini. Tidak hanya persediaan gen paus ini yang terancam berkurang, tetapi juga menu copepoda mereka yang merupakan salah satu bahaya terhadap perubahan iklim di Pasifik Utara. Mereka juga terkena dampak negatif dari dampak industri minyak.

13. Harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis)
Menyedihkannya, ada keluarga kucing yang berada dalam bahaya selain Macan Tutul Manchuria. Dialah Harimau China Selatan yang berasal dari hutan China Selatan dan jumlahnya merosot menjadi kurang dari 20 ekor akibat aktivitas manusia. Pada 1959, Mao Zedong mendekrasikan bahwa harimau dan predator lainnya merupakan hama dan musuh manusia. Hal ini menyebabkan pembantaian hewan ini dan beberapa hewan lainnya. Ketakutan ini juga menyebabkan populasi hewan ini merosot tajam dari awalnya 4 ribu ekor harimau, menjadi kurang dari 200 ekor pada 1982. Hal yang paling tragisnya, spesies ini dipercayai sebagai bibit asli dari harimau yang tersebar di seluruh dunia.

14. Badak Putih Utara (Ceratotherium simum cottoni)
Badak Putih Utara berpetualang hanya di wilayah kecil Afrika Tengah. Namun, perburuan yang merajalela membuat raksasa ini berada di ambang batas, yaitu hanya 8 ekor yang diketahui tersisa di seluruh bumi, dan sebagian besar berada di kandang. Melihat hal ini, tampaknya program untuk membibitkan badak ini akan gagal untuk mempertahankan eksistensi mereka. Meskipun pada 1970 jumlahnya mencapai 500 ekor dan turun menjadi hanya 15 ekor pada 1980, tetapi pada tahun 1900an dan awal 2000, jumlahnya mulai menunjukan perbaikan menjadi 30 ekor. Namun, jumlah ini melesut karena pemburu gelap diperbolehkan untuk membantai mereka.

Nah, itulah ke-14 hewan yang langka dan hampir punah di dunia. Pesan saya, Jaga, Lindungi, Hargailah Hewan-Hewan. Anggaplah mereka sebagai kawan. Karena mereka juga mempunyai hak untuk tinggal di bumi bersama kita semua di bumi tercinta ini.

Dikutip dari : http://www.uniknya.com/2011/05/30/5-hewan-terlangka-di-dunia/
http://strano66.blogspot.com/2011/02/10-hewan-terlangka-di-dunia.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!