Labels

Rabu, 11 Juli 2012

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Beberapa hari lagi, Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa bagi umat islam datang. Di bulan ini, umat islam yang sudah baligh diwajibkan untuk berpuasa. Puasa merupakan kegiatan tidak makan, tidak minum, dan menahan diri dari hawa nafsu. Terkadang, manusia mengeluh. "Mengapa kita harus berpuasa?", selain untuk melaksanakan perintah agama, berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ini dia beberapa manfaat puasa yang diperoleh oleh tubuh kita :
1. Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh
Tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lain. Ini terlihat dari menebalnya lapisan lidah dan nafas yang biasanya lebih berbau pada hari-hari pertama.
Setelah puasa berlanjut pada hari-hari setelahnya, proses pembersihan tubuh disempurnakan. Lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal. Tubuh akan menggunakan mineral penting dan vitamin untuk membuang racun dan jaringan tua. Saat beban racun tubuh berkurang, efisiensi setiap sel ditingkatkan. Sehingga mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus menghemat energi.
2. Lebih Energik
Mengapa orang merasa lebih energik setelah berpuasa? Selain itu, rasa lapar orang yang berpuasa berkurang dibandingkan saat normal. Tidak banyak yang mengetahui bahwa tubuh memerlukan energi besar untuk mencerna makanan. Puasa mengistirahatkan sistem pencernaan. Sehingga energi disimpan untuk menyembuhkan diri dan memperbaiki sel tubuh. Energi akan digunakan untuk membersihan dan detoksifikasi usus, darah, serta menyembuhkan sel-sel tubuh dari berbagai penyakit.
3. Memberi "Istirahat"  kepada Sistem Pencernaan Tubuh
Dengan berpuasa, memberi waktu bagi tubuh dan sistem pencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus bisa bekerja lebih baik dan maksimal ketika Anda mulai mengonsumsi makanan lagi.
4. Meredakan Sakit pada Persendian
Puasa juga membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan, adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.
5.Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Puasa bisa mengatasi tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis. Selain itu juga menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.
6. Mengatasi Obesitas / Menurunkan Berat Badan
Meskipun tidak terlalu signifikan, puasa juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan keinginan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang. Tapi ingat, proses penurunan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.
7. Mengatasi kecanduan kafein, rokok, nikotin, narkoba dan alkohol.
Pengguna rokok, nikotin, atau zat-zat berbahaya yang membuat kecanduan juga dapat diatasi dengan berpuasa.
8. Mengurangi Gangguan Sistem Pemcernaan
Puasa mengurangi gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gastritis.

Nah, itu dia beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Semoga, dengan mengetahui manfaat-manfaat berpuasa tadi, kita bisa lebih bersemangat untuk melaksanakan ibadah puasa.





sumber :  http://www.kabarislam.com/puasa/manfaat-puasa-bagi-kesehatan http://waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=210934:6-manfaat-puasa-bagi-kesehatan&catid=28:kesehatan&Itemid=48

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!