Labels

Kamis, 12 Juli 2012

Mengapa Jerawat Bisa Tumbuh?


Jerawat. Mungkin itulah masalah yang anda sering hadapi. Sebuah penyakit yang mengganggu wajah kita. Sering kita bertanya-tanya. Mengapa sih, kok bisa timbul jerawat? 

Nah, di posting saya ini, saya akan membahas tentang "Mengapa Jerawat Bisa Tumbuh?", dan ini dia jawabannya :
1. Kelenjar Sebaceous yang terlalu aktif
Kelenjar Sebaceous berfungsi untuk menghasilkan sebum atau minyak yg diperlukan untuk melumasi permukaan kulit. Orang-orang yg rentan terhadap jerawat mengalami produksi sebum yg berlebihan. Sehingga sisa sebum tertinggal di pori-pori dan menyumbat saluran sebaceous, yg berakhir pada penyumbatan folikel.
Berdasarkan informasi yg diperoleh dari International Dermal Institute, sebum yg dimiliki oleh orang yg berjerawat memiliki komposisi yg berbeda dgn sebum orang pada umumnya. Sebum pada orang yg berjerawat mengandung lebih banyak squalene dan wax ester dibanding sebum normal, dan juga mengandung asam lemak bebas dan asam linoleat yg lebih sedikit. Komposisi sebum seperti ini merupakan habitat yg ideal bagi perkembangan bakteri pemicu jerawat.

2. Pengelupasan sel kulit mati yang tidak normal
Lapisan epidermis pada kulit secara rutin akan meluruhkan sel-sel kulit mati melalui sebuah proses yg dikenal sebagai desquamation. Pada proses ini, sel kulit mati diluruhkan dari stratum korneum dan diganti oleh sel-sel baru. Pada kulit yg rentan terhadap jerawat, proses ini akan memakan waktu empat hingga lima kali lebih lama dibanding proses desquamation pada kulit normal. Obat jerawat.
Selain itu, kulit penderita jerawat juga mengandung butiran Lamellar yg lebih sedikit dibanding kulit normal. butiran ini terdapat di stratum corneum. Butiran Lamellar berfungsi untuk melepaskan enzim yg mencerna sat-sat yg melekatkan sel-sel. Dgn kata lain, kulit yg rentan terhadap jerawat menghasilkan lebih banyak sel-sel kulit mati dibanding kulit normal. Lebih lanjut, sel-sel kulit mati tersebut tdk dilepaskan, tapi tertinggal di dalam folikel dan menghasilkan komedo. Obat jerawat.

3. Proliferasi bakteri
Propionibacteria acnes (P. acnes) merupakan bakteri yg paling banyak dijumpai di kulit yg berjerawat. Pada kulit berjerawat, populasi bakteri ini berkembang melewati batas. Sumbatan yg diciptakan oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak di pori-pori menciptakan lingkungan anaerobic, dimana oksigen tdk dapat masuk. Lingkungan seperti inilah yg diperlukan oleh P. acnes untuk berkembang biak. Obat jerawat.
Bakteri P. acnes mencerna minyak yg terperangkap di dalam pori-pori dan menghasilkan limbah berupa asam lemak. Limbah inilah menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit. Perlu diketahui bahwa kehadiran bakteri P. acnes tdk dipengaruhi dgn kebersihan kulit. Sehingga mencuci wajah saja tdk akan membersihkan kulit dari bakteri tersebut.

4. Sering meraba-raba wajah dengan tangan
Hal ini kelihatannya sepele, namun menurut pengalaman saya ini adalah sebab utama timbulnya jerawat. Kebiasaan sering meraba wajah misal mengusap keringat, bisa menyebabkan timbulnya bakteri dan penyebab infeksi timbulnya jerawat. Usahakan wajah jangan terlalu sering terkena sentuhan tangan.

5. Wajah terkena benda-benda
Sebab timbulnya jerawat yang dimaksud saya kali ini misalkan anda sedang tidur dengan wajah terkena bantal, jika bantal yang anda pakai sedikit keras dan menyebabkan bekas, ini juga bisa menjadi penyebab jerawat tumbuh karena terhambatnya poripori sementara.

6. Memencet jerawat
Jika di wajah anda sedang tumbuh jerawat usahakan biarkan jerawat tumbuh secara alami. Jangan memencet jerawat sebelum waktunya. Memencet jerawat juga akan memicu tumbuhnya jerawat di sebelahnya dan cenderung akan meninggalkan bekas hitam di wajah. Anda boleh saja memencet jerawat, namun harus dengan teknik yang benar dan sudah pada waktunya, itupun harus dilakukan secara lembut.

7. Kurang tidur dan Stres yang berlanjut
Yang dimaksud Sebab timbulnya jerawat yang satu ini bisa karena beban pikiran yang berlarut larut. Bisa karena pekerjaan atau juga karena pelajaran disekolah. Menurut beberapa sumber, stres bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang berlebih ketika anda stres, yang selanjutnya akan merangsang produksi minyak berlebih pada kulit. Jika kulit berminyak bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati maka akan timbul jerawat.
Jika anda sedang bekerja yang menguras banyak pikiran anda, usahakan tidur yang cukup dan lupakanlah sejenak pekerjaan anda ketika anda menjelang tidur hingga anda beraktifitas kembali. Usahakan berolahraga yang teratur di pagi hari untuk mengurangi stres.

8. Tidak rajin mencuci muka
Sebab timbulnya jerawat jika anda malas. Segeralah mencuci wajah anda setelah anda berolahraga atau melakukan aktivitas lain yg menyebabkan berkeringat. Ketika keringat bercampur dengan minyak, ini bisa menyebabkan pori pori tersumbat. Hal ini akan menyebabkan jerawat jika tidak segera di cuci. Jangan biasakan mencuci muka dgn sabun ato scrub yg mengandung bahan yg tajam seperti alcohol karena malah akan semakin memperparah keadaan.

9. Memakai makeup pada saat berolahraga


Itulah 9 sebab mengapa jerawat bisa tumbuh di wajah. Semoga, dengan mengetahui beberapa penyebab diatas, kita bisa mengambil sisi positifnya.

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=39229 http://blog.wawancoys.com/2011/11/sebab-timbulnya-jerawat-dari-kebiasaan.html

1 komentar:

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!