Labels

Kamis, 23 Agustus 2012

9 Hewan yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

Kita sering melihat hewan-hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan. Sebaiknya, kita pilah-pilih dulu hewan apa yang cocok untuk kita pelihara.
Ini dia yang bisa untuk pertimbangan ;

1. Anjing

Hewan ini bermacam-macam jenis. Ada anjing Herder, Bulldog, Peking, Pomeranian, Poodle, Chihuahua, Mini Pincher, Papillon, Rootwieler, dan lainnya. Ada belasan jenis anjing di dunia ini. Masing-masing punya keunikan dan keunggulan. Karena itu, tak heran bila banyak orang yang suka memeliharanya.

2. Kucing

Seperti anjing, kucing pun beragam jenisnya. Ada kucing Persia, Angora (Anggora), Bengal, Birman, Bambino, Tiffanie, Ceylon, dan lainnya. Semuanya dipelihara juga karena keunikannya, kelucuannya, kecantikannya. Tak jarang, seorang pemelihara rela menghabiskan banyak biaya demi hewan kesayangannya ini.
Manakah yang paling banyak dipelihara antara anjing dan kucing? Sebagian menyatakan banyak anjing, sebagian lainnya menyatakan banyak kucing. Yang pasti, masing-masing daerah dan wilayah berbeda-beda. Misalnya di Eropa, orang lebih suka memelihara anjing daripada kucing. Sebaliknya di Indonesia, orang lebih suka memelihara kucing dibandingkan anjing.

3. Ayam

Jenis unggas yang satu ini sebenarnya lebih banyak dipelihara karena kebutuhan primer dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka ini lebih pas disebut dengan peternak ketimbang pemelihara. Namun demikian, banyak pula masyarakat yang suka memelihara ayam di rumah-rumahnya dan hanya beberapa atau satu dua ekor saja. Ayam yang sering dipelihara mayoritasnya ayam jago. Namun bila lebih spesifik lagi, ayam yang dipelihara biasanya ayam ras seperti bekisar, Bangkok, dan lainnya.

4. Burung

Dibandingkan ayam, tampaknya masyarakat lebih suka memelihara burung. Kalau ayam berguna untuk bisa cepat bangun pagi (kalo pas lagi ngantuk banget, tetap tidur juga sekalian ngorok, hehehe).
Burung yang dipelihara biasanya merpati atau dara, betet, cendrawasih, merak, kakatua, elang, nuri, pipit, dan lainnya. Masing-masing dipelihara karena keindahan suaranya, bulunya, matanya yang tajam, dan lainnya. Burung merpati atau dara, misalnya, karena keindahan suara atau kicauannya, terkadang harganya lebih mahal yang mentah dibandingkan sudah matang. Kalo sudah matang, paling mahal Rp 50 ribu. Itupun sudah tambah aneka makanan lainnya.

5. Kelinci

Kelinci termasuk hewan yang paling banyak dipelihara. Terutama karena bulunya yang unik, kelucuannya yang menggelikan dan bikin gemas, atau lainnya. Anak-anak biasanya paling suka main sama kelinci. Selain karena ramah, ya paling lucu dan menggemaskan.
Bagi yang hobi memelihara kelinci, biasanya mereka rela menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk menggalang hobinya ini. Tapi, bagi yang biasa-biasa saja, malah lebih sering makan kelinci, terutama dijadikan sate.

6. Marmut

Marmut juga cukup banyak dipelihara, terutama karena kelucuan dan kelincahannya. Tak jarang, mereka yang suka memelihara marmut mengikutsertakannya dalam sejumlah kontes, terutama lomba lari. Tapi sekencang apapun marmut lari, ia masih kalah dengan juara sprint seperti Usain Bolt. Namun demikian, banyak pula orang yang enggan memeliharanya karena geli atau takut. Sebab, bentuk tubuhnya mirip tikus, tapi bukan tikus got kok.


7. Ikan

Bila hewan lain dipelihara dalam jumlah satu hingga tiga ekor, beda dengan penggemar ikan, mereka biasanya memelihara beragam jenis dan jumlah. Terkadang sampai 10 macam. Mulai dari ikan mas, koi, cupang, lele, gabus, kakap, dan lainnya. Namun yang paling banyak dipelihara biasanya ikan mas dan koi. Beberapa di antaranya hanya memelihara ikan cupang, karena bentuknya yang unik.


8. Kura-kura

Jika tidak mau direpotkan dengan alergi dan bulu, reptil merupakan hewan yang baik untuk dipelihara. Kura-kura memiliki watak yang baik dan mudah diletakkan di dalam kandang. tapi bisa juga diajak main dengan mengeluarkannya dari kandang. Perawatan terhadap kura-kura juga sangat sederhana, berikan mereka makanan yang kaya vitamin, bersihkan kandangnya sesering mungkin. Kura-kura dapat cepat kotor dan berbau jika kandang mereka tidak dibersihkan.

9. Hamster

Hewan ini merupakan hewan kecil yang sangat menggemaskan. Meskipun terkadang kandang mereka sering kotor dan bau, tapi tingkah laku mereka suka membuat gemas. Untuk membuat hamster lebih aktif di kandang, tambahkan mainan seperti roda-rodaan, dan mainan lain untuk hiburannya di dalam kandang.

Ke-sembilan itu bisa jadi hewan-hewan yang dapat kita pelihara. Sekarang, pilih aja yang cocok buat peliharaan anda! :)
Semoga bermanfaat,

Source : http://kerendanunik.wordpress.com/2012/02/01/10-jenis-hewan-peliharaan/
http://www.beritasatu.com/keluarga/65046-5-jenis-binatang-peliharaan-yang-cocok-untuk-keluarga.html


0 komentar:

Posting Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!