Labels

Sabtu, 08 September 2012

5 Minuman Terbaik Bagi Tubuh


Setiap hari kita mengonsumsi berbagai jenis minuman. Beberapa minuman ini punya manfaat tersendiri bagi tubuh kita.
Tubuh memerlukan cairan agar tidak terkena dehidrasi. Cairan tersebut didapat dari berbagai minuman yang kita minum, ataupun berasal dari buah dan sayuran yang kita konsumsi.

Berikut ini beberapa jenis minuman yang memiliki manfaat bagi tubuh, seperti dilansir Livestrong.

1. Air putih

Dalam studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, peserta yang mengalami dehidrasi lebih dari satu persen mengalami penurunan mood, konsentrasi yang lebih rendah, dan sakit kepala. Menurut penulis studi tersebut, neuron tertentu mendeteksi dehidrasi dan mungkin menandakan daerah otak lain yang mengatur mood dan fungsi kognitif.

"Aturan praktis bahwa wanita membutuhkan sekira 11 gelas air sehari dan laki-laki membutuhkan sekira 15 gelas," kata ahli nutrisi Amanda Berhaupt-Glickstein.

2. Teh hitam

Teh hitam dapat membantu Anda yang ingin mengurangi konsumsi kafein. Demikian diungkapkan Lisa Roberts-Lehan, konsultan gizi dan koki holistik.

"Teh memiliki sekira 50 mg kafein per 8 mg cangkir, dibandingkan dengan kopi, yang memiliki antara 100 sampai 190 mg per 8mg cangkir."

Dalam pengobatan tradisional China, teh dikatakan meningkatkan pencernaan dengan menetralisir asam lambung. Roberts-Lehan merekomendasikan teh Oolong untuk mendukung sistem pencernaan karena kualitas detoksifikasi. Sementara Cohn menyarankan seperti earl grey atau lady grey with bergamont dengan sedikit jahe untuk masalah perut anda.

3. Jus

Dikatakan ahli gizi dan penulis buku masak, Robin Miller, minum jus pada pagi hari dapat membantu menyeimbangkan nutrisi dalam sarapan. Jus akan bekerja sama dengan protein dan karbohidrat kompleks untuk memulai metabolisme. Carilah jus yang 100 persen murni dan tanpa gula.

4. Kopi

Anda khawatir dengan diabetes Anda? Minum kopi bisa menjadi salah satu solusi.

"Kopi mengandung kromium dan magnesium, dua mineral yang membantu tubuh menggunakan insulin-hormon yang mengendalikan gula darah, yang dapat membantu mencegah diabetes tipe 2,” ungkap Miller. Jika tidak peka terhadap kafein, Anda dapat menikmati kopi tanpa tambahan gula, sirup manis, atau krim.

Kopi berkafein telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan pada wanita.

"Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa wanita yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker endometrium," kata Berhaupt-Glickstein.

"Studi lain menemukan lebih banyak wanita minum kopi berkafein, semakin kecil kemungkinan mereka untuk memiliki gejala depresi,” imbuhnya.

5. Susu

Anda ingin meluruhkan lemak? Susu baik untuk tulang yang kuat, tetapi juga dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, susu memberikan asupan protein dan lemak yang mencukupi kebutuhan tubuh Anda.
Sumber:http://health.okezone.com/read/2012/07/24/486/667823/ini-dia-minuman-terbaik-bagi-tubuh

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!