Labels

Sabtu, 04 Februari 2012

Contoh Pidato "Generasi Muda Indonesia, Generasi Islam Penerus Rasulullah yang Berakhlak Mulia"

-->
Halo kawan!!! Assalamu'alaikum! 
kali ini, saya akan membagi-bagi text lomba dakwah untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 Hijriyah yang saya ikuti tadi di sekolah.
memang sangat sederhana, tapi semoga bermanfaat. Boleh di copy, tapi saya mohon untuk menunjukkan sumbernya / alamat blog saya ini.

berikut text pidatonya :

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Alhamdulillah hirrabbil ‘alamin,
Washolatu wassalamu ‘ala ashrafil anbiyai wal mursalin wa’ala ‘alihi waashhabihi ajma’in.
Asyhaduallailahaillallah waasyhaduannamuhammadarrasulullah
Rabbisharli sohri sodri,wayasirli amri wakhlul ukdatammilisani yafqohuqauli
Amma Ba’du

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat hidayah dan inayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di pagi ini dengan sehat wal’afiat
Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi kita, nabi besar, nabi Muhammad SAW


Yang terhormat, bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Malang,
Yang terhormat, bapak ibu dewan juri,
Yang terhormat, bapak ibu guru,
Dan teman-teman yang saya sayangi


Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya menyampaikan beberapa hal untuk memperingati maulid nabi Muhammad SAW 1432 H yaitu “Generasi Muda Indonesia , Generasi Islam penerus Rasulullah yang berakhlak mulia”. Oiya, sebelumnya saya mau tanya nih! Coba jawab, apa sih perilaku baik yang telah dicontohkan rasulullah kepada kita semua?  Hmm… anak spensa benar benar pintar ternyata! Perilaku perilaku rasullullah yang dapat kita contoh adalah rajin, disiplin, baik hati, sabar, tekun, tidak mudah putus asa, dan masih banyak lagi. Semua perilaku tersebut, patutlah kita contoh.
Saya sedih sekali ketika saya melihat berita di televisi. Di sana banyak sekali permasalahan-permasalahan di Indonesia. Parahnya, sebagian permasalahan itu juga menyangkut tentang pelajar atau generasi penerus bangsa Indonesia. Mereka telah melakukan tindakan yang tidak pantas, dan dilarang oleh agama islam! Memang, apa sih beritanya? Mau tau? Mau tau nggak? Ya udah, saya kasih tau deh! Tindakan generasi penerus bangsa itu adalah tawuran, pelecehan seksual, mengonsumsi narkoba, kekerasan, tidak sopan, berbohong, kesombongan, dan masih banyak lagi. Belum lagi, perilaku yang buruk tersebut mereka jalani dengan santai dan tidak merasa berdosa. Perilaku-perilaku tersebut sangat jauh menentang terhadap apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah kepada kita semua. Malu sekali rasanya kalau anak-anak di Indonesia berperilaku buruk dan selalu menentang ajaran agama. Betul tidak?
Saya juga sering mendengar kata-kata buruk di kalangan sekolah kita ini. Teman-teman suka berbicara jorok alias ‘mesoh’, selain itu, ada yang lebih parah. Teman-teman sering bertindak tidak sopan dengan memanggil teman dengan nama orang tua. Betul tidak? Ngaku aja deh! Berdasarkan hadist riwayat nabi yang disampaikan oleh Abu Bukhairah RA : Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, hendaklah dia mengucapkan perkataan yang bai atau diam saja. Siapa yang berima kepada Allah dan hari akhirat, hendaklah dia memuliakan (menghormati) tetangganya, Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, hendaklah dia memuliakan tamunya.”
Nah, maka dari itu kita tidak boleh berbicara kotor, ataupun tidak sopan. Lebih baik, kita “subhanallah
walhamdulillah wala’ilahaillallah allahuakbar walahaula walakuwwata ilabilahil’ali hilazdim”
wah, damai kan hati kita? Koyo’ adus banyu es nggih?
Maka dari itu, hendaklah kita menghindari hal hal yang dilarang agama, dan selalu berakhlak mulia. Agar, Indonesia menjadi negara yang maju, dan juga religius.
Demikian yang bisa dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. apabila ada kurangnya itu karena saya sebagai manusia biasa, dan bila ada benarnya, itu hanya karna Allah SWT semata
yang terakhir, saya akan berpantun sedikit. 
Bocah cilik jenenge Ace, Karo ibuke di setriko
Kula Farrel saking pitu ce, nyuwun pamit sakmeniko
Wabilahitaufik Walhidayah, waridlo wal inayah, wassalamu’alaikum warohmatullahiwabarakatu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!