Labels

Sabtu, 18 Agustus 2012

6 Tips Memanfaatkan Uang THR dengan Baik dan Bijak

THR sudah diterima. kalau sudah? ya tentu dipakai. terkadang, kita kesulitan mengontrol kebutuhan kita. nah, untuk mengatasi hal tersebut, yuk kita baca "6 Tips Memanfaatkan Uang THR dengan Baik dan Bijak" ;

1. Sedekah
Begitu kita menerima uang THR jangan lupa sedekahkan sebagian karena selain untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, uang THR juga harus mendatangkan pahala bagi kita.

2. Daftar Belanja
Seperti halnya cara belanja yang baik maka kita juga harus membuat daftar kebutuhan yang akan dibeli. Kebutuhan yang akan dibeli disesuaikan dengan jumlah uang THR yang kita terima, sebaiknya biaya untuk membeli kebutuhan saat Lebaran tidak melebihi jumlah uang THR yang kita terima. Daftar belanja ini juga mencegah kita membeli barang yang tidak terlalu kita butuhkan karena emosi sesaat ketika berbelanja

3. Pilah-Pilih Barang Belanjaan
Saat menjelang Lebaran biasanya pusat perbelanjaan gencar memberikan diskon, sebaiknya kita kunjungi semua pusat perbelanjaan yang ada disekitar kita untuk survey (meskipun pusat perbelanjaan banyak tidak apa-apa kita kunjungi semua, hitung-hitung ngabuburit). Hal ini agar kita bisa memperoleh barang yang kita perlukan dengan kualitas yang baik dan harga yang paling murah sehingga kita bisa semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan Lebaran dengan uang THR yang kita terima.

4. Tetapkan Jumlah Angpao
Jika akan berniat memberi angpao ke sanak saudara saat Lebaran maka dari awal tetapkan jumlah uang untuk tiap orang dan berapa orang yang akan diberi. Hal ini untuk menghindari pemberian angpao yang tidak terkontrol jumlahnya yang bisa mengakibatkan uang untuk angpao sudah habis tapi masih ada saudara belum kebagian.

5. Subsidi Silang Gaji dan THR
THR biasanya baru dibagikan pada periode H-14 sampai H-7 menjelang Idul Fitri. Ketika THR sudah ditangan, umumnya para karyawan akan menyerbu pusat perbelanjaan dan membeli kebutuhan mereka. Padahal, harga beberapa barang di bulan Ramadan meningkat drastis sehingga meskipun diskon ada dimana-mana, tetap saja barang yang anda beli lebih mahal dibandingkan dengan harga regulernya. Untuk mensiasati hal ini, lebih baik anda belanja menggunakan gaji satu bulan sebelum Bulan Ramadan untuk berbelanja kebutuhan. Umumnya, harga menjadi lebih murah karena permintaan pasar yangbelum terlalu tinggi. Barulah ketika THR diberikan, anda mengganti uang gaji yang terpakai dengan THR. Jika dihitung-hitung selisihnya, anda akan mendapat untung yang cukup besar.

6. Investasikan THR anda
Sudah menjadi cerita umum bahwa sehabis Lebaran, keuangan akan krisis karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Bagi anda yang memiliki THR dengan jumlah lumayan, ada baiknya memanfaatkan bonus hari raya ini sebagai invesasi di masa depan. Bagilah THR anda menjadi dua pos kebutuhan, yaitu kebutuhan Ramadan dan tabungan yang dipergunakan sebagai investasi. Uang investasi ini nantinya juga bisa anda gunakan sebagai dana cadangan sehingga tidak perlu khawatir akan kondisi krisis yang melanda sehabis lebaran.

Saya harap, setelah membaca artikel ini, anda dapat memanage THR anda dengan baik.

Source : http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=738456798
http://networkedblogs.com/kSPFg

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!