Labels

Kamis, 27 Desember 2012

Kebiasaan Unik Dinosaurus di Dunia


Satu per satu fosil dinosaurus ditemukan. Beragam spesies dinosaurus pun terungkap. Meski demikian, masih banyak pula misteri yang melingkupi satwa purba tersebut.
Salah satu pertanyaan iseng diajukan oleh Brian Switek, seorang penulis sains serta peneliti di New Jersey State Museum. Ia mempertanyakan bagaimana cara dinosaurus tidur.



"Apakah Apatosaurus berdiri atau berlutut saat istirahat? Apakah Tyranosaurus bangkit dengan lengan kecilnya setelah tidur siang? Dan, apakah dinosaurus berpelukan agar tetap hangat di malam hari pada masa Mesozoikum?" demikian sejumlah pertanyaan yang diajukannya dalam tulisan di blog Smithsonian.

Dalam tulisan di blognya, Switek menyajikan sejumlah hasil penelitian yang dapat sedikit menjawab pertanyaan tentang posisi tidur dinosaurus.

Salah satu temuan yang bisa menjawab adalah fosil Mei Iong, dinosaurus golongan troodontid (mirip burung) yang punya mata besar serta cakar yang bisa dibalik di kakinya. Fosil itu ditemukan oleh dua palaentolog, Xing Xu dan Mark Norell, pada tahun 2004.

Setelah dianalisis, Mei Iong yang berarti "naga yang tidur" ternyata mati dalam posisi seperti burung modern beristirahat. Kepala dinosaurus itu direbahkan di antara lengannya dan ekornya dilipat ke bagian tubuh utama.

Minggu lalu, baru saja ditemukan fosil dinosaurus sejenis, tetapi berukuran kecil. Penemunya adalah Chunling Gao dari Dalian Natural History Museum in China. Posisi fosil tersebut identik dengan fosil Mei sebelumnya.

Dua spesimen Mei tersebut bukan satu-satunya dinosaurus yang ditemukan dalam posisi tidur. Spesimen troodontid lain yang ditemukan di Mongolia, Sinornithoides youngi, juga ditemukan dalam posisi sedang beristirahat.

"Sementara itu, penulis tidak menuliskan dalam makalah penelitiannya, posisi tidur Mei dan Sinornithoides tersebut mengingatkan saya pada dinosaurus di awal era Jurassic, Segisaurus. Dideskripsikan pada tahun 1936, tulang Segisaurus ditemukan dengan kaki terselip di bawah tubuhnya dan lengan berada dalam posisi beristirahat," ungkap Switek.

Switek mengungkapkan, mungkin dinosaurus-dinosaurus itu mati saat tidur.

"Bukti-bukti memang jarang, tapi bukti yang ada membantu memberi gambaran beberapa momen dalam sejarah Mesozoikum," paparnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!