Labels

Senin, 02 Januari 2012

Contoh Pidato "Pendidikan Karakter Bagi Pelajar Indonesia"

hehe... langsung saja!
Asalamualaikum Wr.Wb.

Dewan juri yang saya hormati, serta teman-temanku yang saya cintai
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya, sehingga kita semua bisa berkumpul pagi ini dengan keadaan sehat wal’afiat
Semoga Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Nabi Muhammad SAW. Nabi akhir zaman dan panutan umat manusia.

Dewan Juri yang saya hormati,dan teman-temanku yang saya sayangi.
Perkenankan pada kesempatan kali ini,saya akan menyampaikan betapa “pentingnya pendidikan karakter di lingkungan sekolah”. Persoalan budaya dan karakter bangsa yang muncul di masyarakat, seperti kekerasan, kejahatan, perkelahian, korupsi, dan tindak kriminal lainnya kini menjadi topik pembahasan hangat di media massa, seminar dan berbagai kesempatan lainnya.

Tahun ini, pemerintah mencanangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa di lingkungan pendidikan. Tujuannya antara lain adalah :

1.      Mengembangkan kebiasaan yang terpuji sesuai dengan budaya bangsa yang religius.

2.      Memiliki karakter yang berdasarkan nilai-nilai pancasila dan dapat mengembangkan nilai-nilai tersebut pada diri kita melalui pendidikan hati, otak dan fisik.

3.      Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawaab sebagai generasi penerus bangsa.

4.      Menjadi manusia yang mandiri, kreatif   dan berwawasan kebangsaan.

5.      Mengembangkan lingkungan sekolah yang aman, jujur, penuh kretivitas, dan bersahabat.


Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai
Saya akan mengambil contoh tentang perilaku siswa di sekolah yang kurang baik.Misalnya bertengkar, memalak, tidak memberi salam saat bertemu guru, mencuri, makan dan minum sambil berjalan, membuang sampah sembarangan, mengeluarkan kata-kata yang kurang enak didengar, dan masih banyak lagi. Nah, dari beberapa contoh tersebut, sudah menunjukkan budaya dan karakter kita tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Siapa yang masih seperti itu? Pasti, tidakkan? Apakah kita mau, dikatakan sebagai bangsa yang katanya beradab dan berpendidikan tinggi, tapi dalam kenyataannya, moral kita justru memalukan dimata bangsa lain? tentu tidak bukan?!!! Nah, kita harus bisa menyaring budaya asing / luar yang tidak sesuai dengan budaya dan karakter kita meskipun banyak pengaruh dari berbagai sumber. Misalnya: media masa, internet dan lingkungan sekitar.Budaya bangsa Indonesia sebagai orang timur harus kita lestarikan agar dimata bangsa lain kita tetap dikenal sebagai bangsa yang beradap memiliki wawasan cara berpikir, cara bertindak dan cara menyelesaikan masalah sesuai dengan norma dan ciri keIndonesiaannya.

Dewan Juri yang saya hormati dan teman-temanku yang saya sayangi. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan.Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah saya mohon maaf dan apabila ada benarnya itu karena Alloh SWT semata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
-->





3 komentar:

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!