Labels

Rabu, 11 April 2012

Air Minum AQUA

assalamu'alaikum sahabat pembaca! sudah lama saya tidak posting, tapi sekarang saya kembali dengan membuat sebuah artikel tentang air minum yang paling terkenal di Indonesia. Siapa sih yang belum tahu produk minuman dalam kemasan ini? semua pasti sudah tau! tapi, sebenarnya siapa pendiri pabrik ini, dimana sumber mata airnya, dan apa saja kandungan yang ada didalamnya?
semuanya akan kita bahas disini!

Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh Aqua Golden Mississipi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Singapura. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Di Indonesia, terdapat 14 pabrik yang memroduksi Aqua.
Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki pula oleh perusahaan multinasional dari Perancis, Danone, hasil dari penggabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone.
AQUA didirikan oleh Tirto Utomo, warga asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari Pertamina mendirikan usaha air minum dalam kemasan (AMDK).
Tirto berjasa besar atas perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang Pioneer maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di Indonesia.
Pada tahun 1982, Tirto mengganti bahan baku (air) yang semula berasal dari sumur bor ke mata air pegunungan yang mengalir sendiri (self-flowing spring) karena dianggap mengandung komposisi mineral alami yang kaya nutrisi seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan sodium.

Willy Sidharta, sales dan perakit mesin pabrik pertama Aqua, merupakan orang pertama yang memperbaiki sistem distribusi Aqua. Ia memulai dengan menciptakan konsep delivery door to door khusus yang menjadi cikal bakal sistem pengiriman langsung Aqua. Konsep pengiriman menggunakan kardus-kardus dan galon-galon menggunakan armada yang didesain khusus membuat penjualan Aqua Secara konsisten menanjak hingga akhirnya angka penjualan Aqua mencapai dua triliun rupiah di tahun 1985.
Pada 1984, Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan, Jawa Timur sebagai upaya mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut. Setahun kemudian, terjadi pengembangan produk Aqua dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk Aqua menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
Pada tahun 1995, Aqua menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in-line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi, sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.

Pada tahun 1998, karena ketatnya persaingan dan munculnya pesaing-pesaing baru, Lisa Tirto sebagai pemilik Aqua Golden Mississipi sepeninggal suaminya Tirto Utomo, menjual sahamnya kepada Danone pada 4 September 1998. Akusisi tersebut dianggap tepat setelah beberapa cara pengembangan tidak cukup kuat menyelamatkan Aqua dari ancaman pesaing baru. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia. Pada thaun 2000, bertepatan dengan pergantian milenium, Aqua meluncurkan produk berlabel Danone-Aqua.
berikut berita dari aqua yang saya salin dari www.aqua.com
AQUA Group Luncurkan Laporan Keberlanjutan
Dengan Komitmen Ganda AQUA untuk Pembangunan Berkelanjutan,  Laporan ini Merupakan Bentuk Transparansi dan Akuntabilitas Kepada Pemangku Kepentingan.(Jakarta, 21/12) - Pada tahun 2011 ini AQUA Group memulai babak baru dengan mengkomunikasikan kinerja sosial dan bisnis melalui sebuah bentuk laporan yang disebut sebagai Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang disusun berdasarkan Sustainability Reporting Guidelines (SRG) versi 3.0 terbitan Global Reporting Initiative (GRI). Saat ini telah dicetak dan siap didistribusikan kepada para pemangku kepentingan.
Laporan Keberlanjutan AQUA 2010 tersebut diluncurkan di Jakarta (21/12) melalui acara diskusi bertema “Komitmen Ganda Untuk Pembangunan Berkelanjutan” yang di hadiri: Endang S Sunaryo Vice President Research and Development AQUA Group; Sonny S Sukada Direktur Departemen Pembangunan Berkelanjutan AQUA Group; Ali Darwin Chairman NCSR (National Center for Sustainability Report); dan undangan dari perwakilan karyawan, pemerintah, LSM mitra, akademisi, dan media. 
Tentang komitmen perusahaan, Endang S Sunaryo, Vice President Research and Development, mewakili manajemen AQUA Group menyampaikan bahwa sebagai sebuah perusahaan yang menyajikan produk air minum dalam kemasan (AMDK) bagi masyarakat, AQUA Group memiliki komitmen ganda, yaitu sukses dalam hal bisnis dan sukses dalam bidang sosial serta lingkungan.
Apa yang dilaporkan dalam laporan ini merupakan inisiatif-inisiatif sosial dan bisnis AQUA Group, yaitu: PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi, dan PT Tirta Sibayakindo, yang mengarah pada Pembangunan Berkelanjutan di tahun 2010. Cakupan laporan meliputi 14 pabrik dan 14 Depo AQUA Group yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia, yang memproduksi dan mendistribusikan produk minuman bermerek dagang “AQUA” dan “Mizone”.
Sonny S Sukada, Direktur Departemen Pembangunan Berkelanjutan AQUA Group menjelaskan, “Sebagai sebuah laporan perdana, kami menyadari bahwa ini masih belum sempurna. Dalam proses kedepan, akan terus kami perbaiki. Ini merupakan bagian dari komitmen dan proses pembelajaran yang dijalani perusahaan dalam ruang lingkup Pembangunan Berkelanjutan. Penerbitan laporan ini juga merupakan bentuk upaya transparansi dan akuntabilitas kepada para pemangku kepentingan”.
“Banyak hal yang telah dilakukan AQUA untuk berkontribusi dalam Pembangunan Berkelanjutan. Meskipun belum semuanya sempurna, inisiatif tersebut telah dimulai di berbagai lini”, lanjut Sonny.
Pembangunan Berkelanjutan AQUA Group tercermin dalam program besar AQUA Lestari yang dikembangkan sejak 2006. Salah satu inisiatif AQUA Lestari ialah pelestarian air dan lingkungan bertolak dari model pengelolaan sumber daya air berbasis Daerah Aliran Sungai mulai dari hulu, tengah , hingga hilir. Kegiatan tersebut memberikan perhatian pada empat aspek penting, yaitu kelestarian alam dan lingkungan, penguatan sosial-ekonomi, pendidikan lingkungan, serta penguatan kelembagaan.

terlalu banyak ya? hehe... pasti pembaca malas untuk membacanya...
ya sudah saya akan menyajikan profil singkat nya!!!
Aqua Group    : PT Tirta Investama, PT Aqua Golden Mississippi, dan PT Tirta Sibayakindo
Pendiri             : Tirto Utomo
Tahun Berdiri   :1973
Investor           : PT Danone, Prancis
Alamat Kantor :  PT. Tirta Investama Jalan Pulo Lentut No. 3 Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur
Kode Pos        : 13920
Telpon             : 4603070
Aqua Menyapa : 0807-15-88888

sumber-sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral) 
http://www.aqua.com/ 

sudah jelas bukan? hehe ... 
sekian post saya,
wassalamu'alaikum!

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!