Labels

Kamis, 10 Mei 2012

Anggrek "Vanda", Jenisnya, dan Penanamannya

Assalamu'alaikum! sudah lama sekali saya tidak membuat postingan baru... nah, kali ini saya kembali dengan postingan saya yang baru tentang "Pesona Anggrek Vanda dan Penanamannya".
Anggrek Vanda jelas mempunyai keunikan. Keunikan utamanya adalah akarnya yang menggantung tanpa media tanah, atau media dasar lainnya. Anggrek Vanda adalah anggrek monopodial. Artinya, batang utamanya tumbuh terus-menerus ke atas tanpa batas. Di habitat aslinya ada yang tumbuh sebagai anggrek tanah (teresterial)  dan ada pula yang tumbuh menempel di batang pohon (epipit). Ukuran tanaman bervariasi dari kecil sampai yang besar, daunnyapun juga beragam. Ada yang tipis, tebal, yang sempit, yang lebar, ada yang berbentuk pita (linear), berbentuk sendok (spatulata), lanset (lanseolate), berbentuk mata tombak (hastate) dan ada juga yang berbentuk pensil (silindris). Berdasarka rupa-rupa bentuk daun ini anggrek vanda dapat dikenali dan dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :
    1. Vanda daun (strap leaf vanda), yaitu Vanda berdaun lebar atau berdaun sabuk dan bersifat epipit. Vanda jenis ini membutuhkan sedikit naungan. Contoh : Vanda coerulea, Vanda limbata, Vanda insignis, Vanda sanderiana, Vanda tessellata, Vanda tricolor dan Vanda sumatrana.
    2. Vanda teres (berdaun pensil), yaitu Vanda yang bentuk daunnya berbentuk silindris memanjang menyerupai pensil  dan bersifat terestrial. Jenis ini membutuhkan cahaya matahari penuh. Contoh : Vanda teres dan Vanda hookeriana.
    3.Vanda semiteres, yaitu perpaduan antara Vanda daun dengan Vanda teres. Jenis ini membutuhkan cahaya matahari langsung atau penuh.Contoh : Vanda amesiana dan Vanda kimbaliana.
Berikut adalah tata cara penanaman ANggrek Vanda yang baik dan benar :
 Bibit Anggrek Vanda dalam 1.5 " pot
Akar Anggrek Vanda yang subur dan hijau
Lepas Bibit Anggrek Vanda keluar dari pot
 Potong bagian unjung akar anggrek vanda yang kering

nah, jika sudah berumur 4-8 tahun, akan menghasilkan bunga yang indah.















sumber : http://subhan98.wordpress.com/
http://www.orchidshome.com/





0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!