Labels

Sabtu, 20 Oktober 2012

3 Manfaat Tersembunyi Nonton TV - Fakta Tersembunyi

Sebagian besar orang mengatakan bahwa sering menonton TV itu tidak baik untuk kesehatan. Namun, dibalik itu, menonton TV juga masih memiliki manfaat baiknya. Nah mau tahu manfaat apa yang bisa kita dapat dari menonton TV, ini dia Manfaat Menonton TV Yang Tersembunyi berikut ini.

1. TV menambah Willpower Anda!


Ketika anda menonton siaran ulang acara TV favorit akan membantu Anda 'mengisi ulang' persediaan motivasi Anda yang mulai berkurang. Hal ini diungkap sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science. Willpower adalah kemampuan motivasi diri.

Penelitian menemukan, setelah meminta separuh partisipan mengisahkan acara TV favorit mereka dalam sebuah tulisan, sedangkan sisanya diminta duduk di dalam sebuah ruangan dan membuat daftar barang yang di kamar pribadi mereka.

Lalu seluruh partisipan diminta mengerjakan sebuah tes yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa performa "kelompok TV" 30% lebih baik daripada kelompok lainnya. Hal ini menunjukkan munculnya aspek-aspek pengendalian diri (self-control) dan motivasi yang kuat.

"Studi-studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa setiap orang memiliki persediaan self-control dan motivasi diri yang terbatas."

"Jadi ketika interaksi sosial yang negatif menguras persediaan itu maka interaksi sosial yang positif, bahkan dengan menggunakan karakter-karakter fiksi yang ada di acara TV sekalipun sudah dapat mengembalikan energi dan segala aspek yang hilang tadi," terang Jaye Derrick.

2. Menenangkan Saraf-Saraf Anda

Peneliti studi meminta sejumlah mahasiswa untuk menyelesaikan serangkaian tes kreativitas dengan dilatarbelakangi suara ambient berkadar rendah, sedang dan tinggi. Ternyata partisipan bisa memperoleh skor 35% lebih tinggi ketika menggunakan suara ambient sedang.

"Suara ambient hanya memberikan sedikit gangguan pada kemampuan otak untuk memproses informasi, bahkan gangguan itu justru menyebabkan otak bekerja pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih luas, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir secara kreatif," papar Ravi Mehta,ketua tim peneliti.

3. Menambah Kreativitas


Butuh inspirasi atau cara baru untuk meningkatkan kreativitas? Cobabekerja atau mengerjakan sesuatu dengan dilatarbelakangi suara TV. Pasalnya menurut sebuah studi, latar belakang suara TV yang dikatakan ambient ini benar-benar mampu meningkatkan kreativitas Anda.

Peneliti studi ini meminta sejumlah mahasiswa untuk menyelesaikan serangkaian tes kreativitas dengan dilatarbelakangi suara ambient berkadar rendah, sedang dan tinggi. Ternyata partisipan bisa memperoleh skor 35 persen lebih tinggi ketika menggunakan suara ambient sedang.

“Suara ambient hanya memberikan sedikit gangguan pada kemampuan otak untuk memproses informasi, bahkan gangguan itu justru menyebabkan otak bekerja pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih luas, yang pada akhirnya meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir secara kreatif,” papar Ravi Mehta, ketua tim peneliti.

Ingat.. Walaupun menonton TV ada manfaat yang bisa kita ambil, namun terlalu sering menonton TV terlalu sering juga tidak bagus untuk kesehatan anda.. :)
Sumber : http://littlenewslittle.blogspot.com/2012/10/ini-dia-manfaat-menonton-tv-yang.html


0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!