Labels

Sabtu, 28 Juli 2012

10 Cara Ampuh Agar Bibir Tidak Kering dan Pecah-Pecah Saat Puasa

Selama berpuasa, kebanyakan orang yang berpuasa mengalami masalah "bibir kering dan pecah-pecah". Orang yang mempunyai bibir pecah-pecah akan terlihat lesu, lunglai, dan lemas. Sebaliknya, orang yang memiliki bibir segar akan terlihat enerjik, semangat, dan hal lain yang berbau positif.
Kita tentu tidak mau menjadi orang berbibir kering, dan terlihat kurang bersemangat Karena itu, kita biasanya membasahi bibir kita dengan AIR LIUR. tapi, itu sebenarnya SALAH BESAR! mengapa salah? lalu bagaimana cara ampuh agar bibir kita tidak kering saat berpuasa? Ini dia :

1. Timun
Timun mengandung banyak air yang memberikan kelembaban ekstra untuk bibir Anda. Potong-potong timun, lalu taruh dibibir dengan sedikit ditekan, agar sari timunnya keluar. Bahan alami ini bisa juga membuat bibir lebih halus.

2. Scrub Bibir
Buat campuran dari gula dan sedikit air, lalu gosokkan pada bibir sampai terasa halus. Cara ini membuat kulit mati pada bibir yang kering dan pecah-pecah akan terangkat.

3. Hindari Minuman yang Asam
Minuman yang mengandung asam, seperti orange juice dapat membuat bibir teritasi dan terasa terbakar ketika bibir sedang pecah-pecah. Air putih merupakan minuman terbaik untuk mengatasi kondisi bibir yang sedang tidak prima.

4. Hindari Makanan Asin
Makan makanan yang asin mempengaruhi kekeringan bibir. Karena asin menyerap air dalam tubuh, yang memicu bibir dan kulit menjadi lebih kering.

5. Menggunakan Lip Balm
Gunakanlah Lip Balm yang kaya akan mosturizer, mengandung minyak alami, dan terdapat label SPF (Sun Protecting Factor). Kandungan tersebut dapat menjaga bibir dari sinar matahari yang dapat mengeringkan bibir.

6. Hindari Makanan Pedas
Selama berpuasa, hindarilah makanan yang pedas. Kandungan yang ada pada rasa 'pedas' tersebut dapat membuat bibir anda semakin kering.

7. Madu
Konsumsi banyak madu. Atau, oleskan madu di bibir saat sahur. Madu cukup membantu dalam mengatasi masalah ini.

8. Pengelupasan Kulit Bibir
Minimal Setiap seminggu sekali, anda harus melakukan 'penggantian kulit dibibir'. Cara ini dapat mengganti kulit mati pada bibir yang jika dibiarkan akan membuat bibir anda terlihat kering. Cara ini dapat dilakukan dengan 2 pilihan. Dengan alami, yaitu membasahi bibir dengan air hangat dan kemudian menggosok bibir dengan sikat gigi yang berbulu lembut. Juga dapat dilakukan dengan tidak alami, yaitu menggunakan produk pengelupas kulit yang bentuknya seperi Lip Balm.

9. Hindari Menjilat Bibir
Bibir yang terasa kering memicu Anda untuk terus menjilatnya. Hal itu tidak disarankan. Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir. karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering.

10. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih adalah hal termudah yang dapat dilakukan untuk menghindari bibir kering. Air mampu menjadi penyegar kulit di bibir. Konsumsi air putih setiap sahur dan buka puasa.

Silahkan coba kesepuluh cara diatas. Good luck! :)

Dikutip dari : http://wolipop.detik.com/read/2012/07/27/180147/1976940/234/4-cara-mengatasi-bibir-kering-pecah-pecah http://kunjunganartikel.blogspot.com/2011/08/tips-mengatasi-bibir-kering-saat.html

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!