Labels

Sabtu, 28 Juli 2012

7 Makanan Terbaik Untuk Buka Puasa

Di bulan puasa ini, kita harus memilih-milih makanan yang cocok bagi tubuh kita. Tidak mungkin saat bedug adzan maghrib berkumandang, kita langsung 'nyerobos' dan mengambil jatah 2 piring makanan sekaligus. Tubuh kita perlu diberi waktu 'istirahat' biar tidak 'kaget'. Selama leboh dari 12 jam, lambung kita tidak mengolah makanan. Kalau tiba-tiba, makanan yang sangat banyak jumlahnya masuk dalam satu waktu, pastilah 'problem' yang akan menimpa kita.
Gizi juga harus diperhatikan. Dibulan puasa, tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup untuk tidak makan dan tidak minum selama lebih dari 12 jam. dan ini dia yang sebaiknya anda konsumsi saat berbuka di bulan puasa!

1. Kurma
Kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu asli
Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 - 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan
Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Buah ara
Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung omega 9 dan asam lemak oleat. Minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya anti oksidan. Saat memasak untuk berbuka sangat baik jika Anda menggunakan minyak ini.

6. Air Putih
Berbuka dengan air putih sangat baik untuk menghilangkan
Glossary Linkdehidrasi. Kita disarankan untuk minum minimal 8 gelas setiap hari. Di bulan Ramadhan, kita dapat memaksimalkan konsumsi air kita pada malam hari, yaitu pada waktu berbuka, makan malam, menjelang tidur dan pada saat sahur. Selain air putih, teh, juice, susu juga baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sebaiknya jangan dalam keadaan dingin.

7. Buah + Yogurt:
Buah, jelas baik karena sama halnya seperti kurma, tidak akan menaikkan kadar gula darah secara mendadak. Yogurt, bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Keduanya sangat baik dimakan saat berbuka puasa sebagai pengganti kolak, karena tidak mengandung banyak perasa, pemanis (gula) dan pengawet makanan.

nah, konsumsilah 7 makanan diatas! Selain lezat, juga baik untuk kesehatan tubuh saat bulan puasa! :)

Dikutip dari : http://bisniskesehatan.net/makanan-yang-baik-untuk-berbuka-puasa/ http://www.artikelsehat.com/2012/07/makanan-terbaik-untuk-berbuka-puasa.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Berikan kritik, saran, atau pesanmu untuk artikel ini. Terimakasih telah membaca!